Start your Business

Start your Business
July 21, 2015 mirzailhami
In Bisnis

Please, do business.

Dengan segala macam hiruk pikuk kesibukan Anda, tetap jangan tinggalkan dunia bisnis, dunia dagang, jualan. Jangan kelewat benci, kelewat acuh, kelewat gak suka. Jikapun belum sempat, minimal doa saja minta jadi pebisnis, pedagang sukses.

Jangan mikir modal dulu, sewa ruko, gak ada relasi, gak punya ilmu, segala macam, aduh ribetnya. Pelan-pelan ubah dulu pola pikirnya. Saya yakin, org yg bilang gk punya modal buat usaha, tahun lalu itu jg alasannya, 2 tahun lalu itu jg, tahun-tahun yg lalu-lalu itu jg alasannya. Maka pantas, dari tahun ketahun gk pernah ada modal.

Pebisnis yg sukses itu ternyata pendengar yg baik. Tidak langsung bantah, tidak sok tahu, mereka belajar dari siapa saja dimana saja, dari anak-anak, walau dari konsumen yg lagi marah-marah sekalipun.

Ciri yg lain adalah tidak pengecut. Pebisnis itu berjiwa besar, mengakui jika salah, bertanggungjawab dan tetap enjoy. Beda dgn pengecut, mereka lari dari masalah, tidak mengaku salah, menutup diri dan emosional, seperti anak-anak.

Rasulullah adalah contoh terbaik kita dalam hal bisnis. Orang sama sekali tidak ragu berinvestasi ke beliau, bahkan org Yahudi sekalipun. Karena Rasulullah bisa dipercaya.

Maka bangun itu kepercayaan terlebih dulu, tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya. Ini modal kesatu. Kemudian bangun nama baik, tunjukkan bahwa Anda bisa diandalkan. Ini modal kedua. Modal lainnya akan saling melengkapi.

Siapa bilang harus pakai modal duit sendiri. Kalo gk punya modal uang sendiri, kan bisa pakai uang orang lain. Kalo gk punya ilmu, kan bisa pakai ilmu orang lain. Emangnya mau buka bisnis salon, harus jadi bencong dulu?

 

Bangun manfaat yg lebih luas dari jalan bisnis, dagang, jualan. Seperti pohon yg akarnya kokoh menghujam dalam tanah, punya ranting yg banyak dan daun yg lebat, sehingga banyak org bisa berteduh dibawahnya.

Tapi jika cuma mikir utk diri sendiri, cuma mikir utk perkaya diri sendiri, maka pasti akan terasa kurang terus, merasa gk pernah cukup, dapat omset banyak juga kurang, dapat omset sikit apalagi. Gak akan pernah cukup.

Dari jalan bisnis, ekonomi juga bisa diatur. Belgia itu bisnis coklatnya mendunia, tapi tidak ada satupun pohon coklat yg tumbuh disana. Kita yg ekspor bahan baku utk mereka, lalu kita beli produk coklat mereka bermerk yg harganya ratusan kali lipat.

Maka semakin tinggi pendidikannya, harus semakin luas manfaatnya dari jalan bisnis. Harus semakin kokoh pohonnya. Harus semakin jago jualannya. Harus semakin banyak org yg merasakan manfaat Anda.

Islam is calling you. Indonesia is waiting for you.

  • Bobby Siagian

    Sangat membangun.

    Bismillah, Bisnis, Dakwah. 🙂