Menampilkan Profil Google+ di Pencarian Google Search

Menampilkan Profil Google+ di Pencarian Google Search
March 28, 2014 mirzailhami

Fitur ini sudah dirilis oleh Google sejak dua tahun yang lalu, namun tidak salah jika tetap kita gunakan sekarang. Google dapat menampilkan nama dan foto profil Anda di halaman pencarian sesuai dengan konten yang telah Anda tulis. Tentu, gambar dan nama akan terhubung dengan laman Google+.

Sebagai penulis atau blogger, ini adalah fitur yang cukup penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik dari tulisan tersebut di laman Google. Bukan itu saja, ini juga akan menaikkan CTR dari website Anda dan pastinya SEO juga akan meningkat.

google-authorship

Implementasi fitur ini sangatlah mudah. Google menawarkan dua pilihan untuk dapat menggunakan fitur ini.

Baca juga: Google Custom Search

Yuk mulai.

Cara I – Menggunakan webmail.

Ini adalah yang paling gampang dibanding cara lainnya, namun Anda membutuhkan email yang sesuai dengan alamat domain dari website Anda.

Langkah 1. Pastikan Anda memiliki alamat webmail sesuai dengan domain website Anda (misal, [email protected])

Langkah 2. Pastikan disetiap konten yang Anda tulis tertera nama Anda (misal, by Mirza Ilhami)

Langkah 3. Buka Google Authorship, dan submit alamat email Anda. Alamat email ini akan muncul di bagian Contributor to pada halaman Google+ Anda.

Tidak masalah jika Anda memiliki banyak artikel dan kebetulan ini adalah kali pertama Anda ingin membuat Google Authorship. Cukup mendaftar satu sekali saja, maka semua artikel tersebut akan terhubung dengan profil Anda.

Cara II – Menggunakan halaman tentang.

Cara yang kedua ini lebih sedikit ribet, namun juga cukup berhasil. Anda boleh mencobanya untuk melihat apa perbedaan dari cara pertam dan cara kedua ini.

Langkah 1. Anda perlu membuat sebuah laman khusus “Tentang Saya” di blog Anda. Jika memang sudah pernah dibuat, maka silahkan hubungkan dengan Google+ Anda. Dan, jangan lupa tambahkan atribut “rel=me” pada link tersebut.

Profil Saya

 
Ini memudahkan google ketika melakukan crawl nantinya. Sebagai contoh, silahkan perhatikan halaman Tentang di web ini.

Langkah 2. Pastikan disetiap halaman konten yang telah Anda tulis, terdapat link yang mengarah ke halaman “Tentang Saya”. Dan, jangan lupa tambahkan atribut “rel=about” pada link tersebut.

 
Ini untuk memberitahukan crawler bahwa Anda adalah penulis dari konten tersebut. Sebagai contoh, perhatikan bagian bawah dari setiap halaman artikel di web ini.

Langkah 3. Terakhir, silahkan login di akun Google+ Anda, pada bagian Contributor to, tambahkan link yang mengarah ke halaman tentang yang telah Anda buat tadi, dan berikan label “Tentang Saya”.

Ok, selesai. Butuh waktu untuk mesin pencari melakukan crawl terhadap halaman tentang yang baru saja Anda buat. Tunggu beberapa saat atau sehari. Kemudian untuk mengujinya, silahkan ke Google rich snippets dan copy-paste salat satu alamat URL artikel Anda pada kotak input. Perhatikan hasilnya, jika menunjukkan verified author seperti pada gambar di bawah, maka Anda telah berhasil.

google-authorship-test

Referensi:

  • Google Support – Informasi penulis di halaman hasil pencarian Google
  • Rich Snippet – Menghubungkan artikel Anda dengan profil Google+