Mudahnya Membuat Chrome Apps

Mudahnya Membuat Chrome Apps
March 26, 2014 mirzailhami

Di tutorial sebelumnya, Anda telah belajar bagaimana dengan mudahnya membuat Chrome Extension. Chrome Extension dan Chrome Apps cukup bermanfaat untuk menaikkan trafik dari website. Selain itu, juga dapat kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi kreatif.

Tidak jauh berbeda dengan Chrome Extension, membuat Chrome Apps juga membutuhkan pengetahuan dasar tentang HTML, CSS dan JavaScript. Untuk melihat bagaimana cara kerja Chrome Apps, silahkan install beberapa Chrome Apps yang bisa Anda lakukan melalui Chrome Webstore.

mirzailhami-chrome-apps

Apa bedanya?

Jika pada Chrome Extension menggunakan icon di bagian toolbar kanan atas, sedangkan Chrome Apps biasanya menggunakan laman new tab atau shortcut, seperti pada gambar di atas.

Intinya, kehadiran aplikasi dan extension di Google Chrome ini sangat membantu para pengguna, baik sebagai developer atau bahkan gamer.

Baca juga: Mobile Emulator dengan Google Chrome

Membuat Chrome Apps

Tidak jauh berbeda dengan yang sudah dijelaskan di video tutorial Chrome Extension, membuat Chrome Apps juga cukup mudah. Pada tutorial ini kita akan membuat Chrome Apps sederhana, yang nantinya digunakan untuk membuka sebuah halaman website jika aplikasi tersebut diklik.

Mari mulai.

  1. Download chrome-apps.zip ke komputer Anda,  ekstrak file arsip tersebut
  2. Buka file manifest.json menggunakan notepad
  3. Edit baris #2 dan #3 sesuai dengan nama aplikasi dan deskripsi aplikasi Anda
  4. Edit baris #4 jika ingin menggunakan versi dari aplikasi Anda
  5. Edit baris #10 untuk icon yang akan digunakan
  6. Buka file background.js, ganti link dengan alamat web Anda (lihat video tutorial)
{
  "name": "Nama Aplikasi",
  "description": "Deskripsi singkat.",
  "version": "1.0",
  "app": {
    "background": {
      "scripts": ["background.js"]
    }
  },
  "icons": { "16": "icon-16.png", "128": "icon-128.png" }
}

Simpan file manifest.json dan background.js tersebut. Kemudian, silahkan persiapkan icon Anda menggunakan tool yang diinginkan, ukurannya adalah 128 x 128 piksel. Sebagai sample, saya juga menyertakan file icon di file zip tersebut.

Publikasi Chrome Apps

Untuk publikasi online, sama halnya dengan Chrome Extension. Publikasi online melalui laman developer Google Chrome dapat dilakukan dengan biaya $5 untuk pembayaran pertama, dan gratis untuk selanjutnya. Pembayaran dilakukan dengan Google Wallet.

Gimana jika tanpa bayar? Bisa saja. Namun hanya bisa digunakan di komputer sendiri saja.

Bagaimana caranya?

  1. Buka Google Chrome dan tab baru, ketikkan chrome://extensions
  2. Centang “Developer Mode”
  3. Klik tombol “Load unpacked extension”
  4. Pilih folder dimana Anda menyimpan extension Anda, klik OK

Selesai, itu saja. Silahkan buka tab baru dan perhatikan disana icon baru dari aplikasi yang baru saja Anda buat. Klik icon tersebut, dan Anda akan di-redirect ke halaman web di tab baru, sesuai dengan yang sebelumnya telah dibuat di background.js.

Untuk aplikasi yang lebih kompleks, Anda dapat memanfaatkan file HTML untuk mengembangkan aplikasinya, sesuai dengan yang dijelaskan di video tutorial di bawah.

Video Tutorial – Bagaimana Membuat Chrome Apps

 

Referensi:

  • Nyoe payah peugah bak bang Mad, tapeuget apps ABC saboh bak chrome 😀

  • Ya benar. Karena http://www.AcehBlogger.or.id punya banyak artikel update setiap hari, lebih bagus kita buat Chrome Extension & dipublish ke developer chrome, jd bisa langsung lihat artikel di toolbar chrome. InsyaAllah ane bisa bantu ntar buatin, muehehe.

  • David

    link downloadnya broken mas