Manfaatkan Google Custom Search

Manfaatkan Google Custom Search
March 14, 2014 mirzailhami

Sampai saat ini, Google Search telah menjadi tool pencarian primadona di Indonesia. Dengan fitur-fiturnya yang mumpuni telah menghipnotis setiap pengguna online untuk memanfaatkan Google. Google boleh saja terkenal di Indonesia, namun tidak di beberapa negara lain. Di Cina, orang lebih kenal Baidu, di Rusia ada Yandex.

Namun, saya tidak ingin membahas kelebihan & kekurangan mesin-mesin pencari tersebut. Postingan kali ini akan membahas Google Custom Search. Apaan tuh?

Hasil Pencarian Google Custom Search

Hasil Pencarian Google Custom Search

Tentu hampir disemua halaman web tersedia fitur pencarian untuk mencari artikel, produk atau halaman tertentu. Bagi Anda yang tidak mau direpotkan dengan membuat sendiri fitur pencarian tersebut, mungkin adanya Google Custom Search (Google CSE) dapat sedikit membantu.

Baca juga: Tampilan Baru Google Search

Perhatikan bagian atas kanan dari website ini, saya juga baru saja menambahkan fitur Google CSE ini. Proses pencariannya juga lumayan cepat, selain itu Anda juga dapat mengatur sendiri style-nya sesuai yang diinginkan.

Google Custom Search dapat digunakan untuk fitur pencari pada website Anda atau website lain yang Anda inginkan. Fitur dari Google ini tentu sangat membantu developer, karena tidak perlu lagi membuat code untuk pencarian.

Tidak hanya itu, bahkan Anda juga berkesempatan mendapatkan dolar dari Google CSE. Manfaatkan fitur “Make Money” dari halaman konfigurasi Google CSE. Dolar yang dihasilkan akan terintegrasi dengan Google Adsense Anda.

Silahkan memanfaatkan Google CSE di website Anda.