Input Teks Menggunakan Suara

Input Teks Menggunakan Suara
March 9, 2014 mirzailhami

Saat ini teknologi speech recognition sudah banyak digunakan pada aplikasi mobile. Teknologi ini diperkenalkan pertama sekali pada Agustus 2012. Teknologi ini digunakan untuk form input, misalnya untuk melakukan pencarian seperti pada Google, untuk SMS, buat catatan dan semua yang berhubungan dengan form input.

Web Speech API Demonstration

Web Speech API Demonstration

 
Teknologi ini menggunakan Web Speech API, milik Google. Dibutuhkan koneksi internet untuk dapat menggunakannya.

Web Speech API pada Input Search

Cukup menambahkan x-webkit-speech pada search input.

 
Demo – Klik pada ikon microphone dan mulai berbicara

Selesai Anda berbicara, suara akan dikirim ke server dan dikembalikan kembali melalui teks yang muncul pada search box.

Sayangnya hinggat saat ini hanya browser Google Chrome yang masih mendukung Web Speech API dan ikon microphone seperti di atas hanya muncul pada browser Google Chrome, sedangkan pada browser lainnya hanya muncul search box seperti biasa.

Tidak hanya pada search box seperti di atas,  properti x-webkit-speech juga dapat digunakan pada textarea.

Lihat juga: Aplikasi Cuapcuap v1.0

Web Speech API pada Textarea

Idealnya properti x-webkit-speech hanya digunakan pada input box, namun dengan sedikit modifikasi kita juga dapat menggunakannya pada tag textarea. Ini cukup bermanfaat, misalnya ketika membuat textarea untuk inputan komentar dalam sebuah artikel atau website.



 
Demo – Klik pada ikon microphone dan mulai berbicara


Demo di atas tersebut memanfaatkan event onwebkitspeechchange, event ini yang menjadi trigger untuk memanggil fungsi cuap sehingga suara Anda dikonvert menjadi teks dan ditampilkan pada textarea.

Dengan adanya ini, Anda tidak perlu lagi mengetikkkan teks didalam search box atau mengetikkan SMS dengan tombol touchscreen. Teknologi ini dapat digunakan pada iPhone dan Android, juga masih terus dikembangkan hingga saat ini.