Add-on Terbaik untuk Google Docs dan Sheets

Add-on Terbaik untuk Google Docs dan Sheets
March 12, 2014 mirzailhami

Tepat hari ini Google merilis add-on untuk Google Docs dan Sheets, pastinya dengan adanya ini akan menambah produktivitas dan kemampuan dari Google office. Untuk mencobanya, Anda dapat langsung membuka Google document atau spreedshet di Google Drive Anda. Anda akan menemukan menu baru Add-ons disana.

Menu Baru Add-ons Pada Google Docs

Menu Baru Add-ons Pada Google Docs

 

Untuk Anda yang pernah menggunakan extension di Chrome, nah cara kerja Add-on Google Doc juga hampir sama. Semua orang dapat membuat Add-on di Google Doc dan Sheet. Anda hanya perlu menguasai HTML, Javascript dan CSS saja. Servernya sendiri menggunakan Google Cloud services.

Baca juga: 5 Menit Membuat Add-on Google Doc

Add-on Terbaik untuk Google Docs dan Sheets

Sekarang ini terdapat sekitar 50 Google add-on di Chrome store dan akan terus bertambah kedepannya. Berikut ini adalah beberapa add-on terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membantu pekerjaan di Google Docs dan Sheet.

  1. UberConference – Anda dapat melakukan audio konferens dengan maksimal 10 orang selama bekerja di Google Document. Juga terdapat fitur untuk merekam panggilan. Fitur ini juga tersedia di Google Hangout.
  2. Analytics Canvas – Dapat digunakan untuk menganalisa laporan Google Analytics Anda ke dalam Google spreadsheets dengan cara meng-import-nya.
  3. EasyBib – Digunakan untuk memasukkan artikel, jurnal ilmiah, buku ke Google Document dengan format MLA, APA dan Chicago.
  4. Lucidchart – Membuat grafk, diagram, mockup dan gambar teknis lainnya kedalam Google Document.
  5. Avery – Membuat label alamat kedalam Google Document untuk dicetak (print).
  6. PanDoc – Tanda tangan elektronik.
  7. HelloFax – Melalui Google Document, Anda kini dapat mengirimkan fax ke segala nomor seluruh dunia secara langsung. Versi gratisannya hanya mendukung 5 halaman.
  8. Sudoku – Membuat dan menyelesaikan puzzle sudoku di Google Spreadsheet.

Semua orang dapat membuat dan publish aplikasi tambahan di Google Docs dan Sheet. Add-on juga akan didukung di Google Presentation kedepannya.